Objek Wisata Danau Gunung Tujuh

Objek Wisata Danau Gunung Tujuh. Indonesia merupakan kepulauan yang kaya aka tempat wisata indah yang kaya dengan flora dan fauna. Salah satunya yaitu tempat wisata Danau Gunung Tujuh yang merupakan turunan danau kaldera yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi pada jaman dulu. Letak tempat ini berada pada ketinggian sekitar 1.996 m diatas permukaan laut.

Danau ini merupakan danau yang tertinggi untuk wilayah Asia Tenggara. Tepatnya berada di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro yang dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih sekitar 56 km dari Sungai Penuh. Agar bisa melihat dan menikmati keindahan juga kesejukkan udara di Danau Gunung Tujuh ini, para wisatawan harus berjalan kaki melewati jalan setapak selama 2-3 jam. Menarik juga bukan?

Danau ini lebih sering tertutup kabut dengan suhu rata-rata 17 derajat Celcius. Luas Danau diperkirakan ± 960 hektare dengan panjang berkisar 4,5 km dan lebar 3 km. Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh tujuh gunung lainnya, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

Objek Wisata Danau Gunung Tujuh

Karena ketinggiannya itu Danau Gunung Tujuh ini merupakan danau yang dijuluki sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Dibalik pesona alamnya yang indah, danau ini juga diceritakan menyimpan misteri bagi masyarakat Kerinci. Danau Gunung Tujuh dikenal sebagai Danau Sakti oleh masyarakat setempat. Air danau selalu terlihat bersih bahkan daun-daun pun tidak ditemukan walaupun terdapat banyak pohon tumbang dipinggir danau. Menurut keterangan yang didapat dari masyarakat sekitar kejadian-kejadian aneh juga sering terjadi, diantaranya seperti perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba.

Waktu pembukaan wilayah danau, dikabarkan ada salah seorang pekerja yang menceritakan bahwa perahu yang ditumpanginya berputar di tengah danau tanpa diketahui apa penyebabnya secara jelas. Masyarakat sekitar percaya bahwa Danau Gunung Tujuh dihuni oleh mahkluk halus yang berwujud manusia, bernama “Lbei Sakti” dan “Saleh Sri Menanti” dengan beberapa pengikutnya yang meupakan perwujudan harimau.

3 Responses to " Objek Wisata Danau Gunung Tujuh "

  1. Namanya danau biasanya banyak hal gaib, karena mereka kan menunggu tempat itu.

    ReplyDelete
  2. Selain tempatnya menarik dan asri,ternyata danau gunung tujuh ini juga mempunyai misteri ya?

    ReplyDelete