Makanan Pecel Khas Daerah

Makanan Pecel Khas Daerah. Pecel merupakan makanan khas daerah yang akan dijadikan sebagai wisata kuliner kita kali ini. Sebenarnya pecel ini banyak kita temuai baik di Jawa Timur, Jawa Tengan ataupun Jawa Barat. Pecel ini terbuat dari beberapa jenis bahan sayuran. Ada yang direbus ataupun dibuat masih segar seperti dari bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai atau sejenis mentimun dll. Cara penyajian pecel ini tergolong cukup sederhana yaitu semua sayuran yang sudah direbus tadi disiram sambal pecel. Jika dilihat dari konsepnya hidangan pecel ini hampir mirip dengan hidangan salad dari Eropa dan Amerika.


Makanan Pecel Khas Daerah


Sebab pada keduanya jenis makanan baik pecel maupun salad dibuat sama-sama menggunakan sayuran segar sebagai bahan utama ada juga yang menggunakan topping. Bedanya kalau salad menggunakan mayonaise sebagai topping, sedangkan pecel menggunakan sambel pecel dimana utama dari sambal pecel ini yaitu kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica juga garam.

Pecel sering juga disajikan dengan rempeyek kacang, rempeyek udang atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya dihidangkan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau goreng ikan kering. Cara penyajiannya biasanya menggunakan daun pisang yang dilipat dan  disemat dengan peniti yang terbuat dari daun kelapa disebut dipincuk.

Namun pada jaman modern ini lebih sering menggunakan piring. Pecel ini juga hampir mirip dengan gado-gado ala brebes jawa tengah, meski memang terdapat perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.

10 Responses to " Makanan Pecel Khas Daerah "

  1. enak bangat tuch pecelnya,bikin selera aja,,hihihihi

    ReplyDelete
  2. sangat enak tuch gan,waduh jadi ngiler nih saya

    ReplyDelete
  3. Kuliner di indonesia juga ngga kalah dengan kuliner luar negri.

    ReplyDelete
  4. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  5. Informasi yang membantu sekali untuk mencari informasi ter update.

    ReplyDelete
  6. pecel Jogja enak gan , sayang penjual dengan gaya tradisional nya uda sedikit

    ReplyDelete
  7. Ini makanan kesukaan saya setiap kali pulang kampung. Hehehe =)

    ReplyDelete
  8. Saya suka sekali pecel,. pecel adalah makanan yang sehat dan tentuny bergizi.

    ReplyDelete
  9. saya pecinta vegetarian, apalagi pecel,, wiiiidddiiihh mantaps

    ReplyDelete